05 Juli 2010

Membangun Toko Online


Toko Online di Internet kian merebak, hal ini terjadi karena begitu mudahnya melakukan jual beli lewat internet. Kita butuh barang apa saja tinggal ketik di "google" barang yang kita cari akan mudah ditemui melalui situs toko online yang menjual barang yang kita butuhkan.

Untuk itu di posting ini saya mau sedikit sharing pengalaman saya membangun toko online dengan menggunakan wordpress. Kenapa wordpress? Karena di banding CMS commerce lainnya wordpress lebih simpel dan lebih mudah cara penggunaannya serta mudah setting konfigurasinya.

Pertama-tama yang kita siapkan untuk membuat toko online dengan menggunakan wordpress adalah sebagai berikut :

  1. Konten wordpress yang bisa kita dapatkan di sini.

  2. Plugin wp-commerce yang bisa kita dapatkan di sini.

Kedua file itu harus ada dulu untuk mengawali projek ini, hukumnya wahib ain. Hehe

Langkah selanjutnya adalah :
  1. Extraxt kedua file itu

  2. Copykan folder plugin wp-ecommerce yang sudah di extract ke dalam folder /wp-contens/plugins/ yang berada dalam folder konten wordpress. (jelas gak ya??mudah2an paham deh)

  3. Setelah itu upload folder konten wordpress ke dalam webhosting milik kita, agar proses upload gunakan filezilla atau semacamnya.

  4. Setelah proses upload selesai, buka browser anda dan ketikkan alamat web kita tersebut.

  5. Lakukan install wordpress dengan memasukkan localhost, username, password, dan database.

  6. Lalu isi nama web dan email kita di form-form tersebut.

Setelah proses install wordpress berhasil kita masuk ke halaman Admin, di dalam menu plugin nanti kita akan menemui plugin yang belum aktif, plugin tersebut adalah plugin wp-commerce yang kita upload bersamaan dengan konten wordpress tadi. Aktifkan plugin tersebut, setelah aktif nanti akan ada tambahan menu dalam dashboard kita. Dan dari menu itu kita bisa memasukkan barang-barang apa saja yang akan kita jual.

Nah silahkan berkreasi dan utek-utek sendiri, jangan takut salah! Kita berhasil dimulai dari sering melakukan kesalahan. :) Kalo berhasil Anda akan dapat membuat toko online seperti punya saya berikut www.jogjabuku.co.cc :) Gud Luck


1 komentar:

efyandro on Minggu, 26 September 2010 pukul 13.25.00 WIB mengatakan...

bisa dicoba nehh

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda!!!