18 September 2010

Mencicipi Kopi Joss Lek Man (Stasiun Tugu Jogja)

Kali ini saya dan beberapa teman saya mencoba mengunjungi angkringan "Lek Man" di wilayah statiun tugu Jogja. Tempat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jogja. Angkringan merupakan tempat favorit warga untuk sekedar nongkrong, makan, atau sekedar melihat-lihat hidangan yang disajikan. "Warung HIK (Hidangan Istimewa Kampung)" merupakan istilah lain dari angkringan yaitu sebuah gerobak kecil yang menyajikan berbagai makanan "istimewa" seperti nasi kucing, gorengan, sate dan berbagai minuman umum seperti es teh, jeruk anget dan kopi.

Sekilas angkringan ini terlihat biasa saja, seperti angkringan-angkringan yang lainnya. Tetapi sebenarnya ada yang unik di angkringan Lek Man ini. Ada satu minuman istimewa yang tidak dijumpai di manapun selain di tempat ini. "Kopi Joss" namanya. Apa kira-kira kopi joss ini ya ? Hehehehe... sebenarnya sudah lama sekali ingin mencicipi minuman ini, tapi baru kali ini terkabulkan. Sama dengan kopi-kopi yang lainnya, kopi ini disajikan di gelas berukuran sedang, warna kopi hitam, tetapi ada satu yang membuat kopi ini lebih bersensasi sehingga membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. "Arang membara", ini merupakan resep utama pada kopi joss.Kopi ini disajikan panas-panas, kemudian beberapa arang membara yang sudah dipotong kecil dimasukkan ke dalam gelas kopi ini. Sungguh sensasi yang belum pernah saya temui sebelumnya. Ternyata arang yang biasa digunakan untuk "mbakar sate", bisa juga digunakan untuk menambah sensasi penyajian kopi.

Jika penasaran silakan mencicipi minuman unik ini. Ada beberapa tips dari teman saya, jika Anda ingin mencicipi hidangan di angkringan Lek Man :
  1. Pilih angkringan Lek Man 1, karena ada beberapa angkringan di wilayah angkringan Lek Man. Lek Man 1 berada di bagian paling barat.
  2. Jika Anda memesan Kopi Joss jangan lupa ngomong "pak gulanya sedikit saja". Karena menurut saya kopi ini terlalu manis bahkan sangat manis.
  3. Jika kantong pas-pasan, jangan ambil/makan sate terlalu banyak (khusus mahasiswa). Hehehehe karena menurut saya dan teman-teman saya(mahasiswa) harga sate di tempat ini lebih mahal dari harga sate di angkringan lainnya. Untuk 10 sate + makanan total sekitar 30rb exclude minuman.
  4. Jam-jam paling enak buat nongkrong sekitar pukul 17.00 dan 21.00 ke atas.

== Mbah Jamprok ==

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda!!!